Categories
Layanan Kampus

Protokol Penggunaan Sarana Dan Prasarana

Menindaklanjuti surat edaran Rektor Nomor:287/UNISA/Au/III/2020 tentang Kewaspadaan Penyebaran COVID-19, maka berikut kami sampaikan kebijakan penggunaan sarana dan prasarana UNISA Yogyakarta:

  1. Penggunaan Ruangan ber-AC
    1. Mematikan AC dan membuka ventilasi yang tersedia;
    2. Akan dilakukan pembersihan AC di setiap ruangan secara bertahap;
    3. Meminimalisir penggunaan ruangan dengan ventilasi terbatas, dengan memprioritaskan menyelesaikan pekerjaan di ruang dengan ventilasi udara dan sistem pencahayaan yang lebih baik;
    4. Menyalakan lampu di ruangan untuk mengkondisikan suhu ruangan lebih hangat dan tidak lembab.
  2. Penggunaan Lift
    1. Meminimalkan penggunaan lift, lift hanya diperuntukkan bagi yang berkebutuhan khusus;
    2. Membudayakan naik tangga dengan berjalan kaki untuk merealisasikan kebijakan Rektor terkait Kampus Sehat.
  1. Perilaku Menjaga Kebersihan Diri Sendiri dan Publik Area Kampus
    1. Membiasakan mencuci tangan dengan hand soap di bawah air mengalir atau menggunakan hand sanitizer setiap 2 jam sekali;
    2. Menghindari memegang hand railing tangga saat naik tangga;
    3. Membuka pintu dengan menggunakan siku;
    4. Meminimalkan menyentuh area wajah dengan tangan ;
    5. Mengambil jarak sesama sivitas akademika saat berinteraksi minimal 1 meter;
    6. Menerapkan etika ketika batuk dan bersin dengan menggunakan tissue atau menutup dengan lipatan siku bagian dalam;
    7. Membuang tissue dan masker bekas pakai pada tempatnya;
    8. Dianjurkan untuk sesering mungkin berjemur di bawah terik matahari antara jam 09.00 -15.00 WIB;
    9. Tim Cleaning Service (CS) akan membersihkan area yang sering terpegang tangan seperti handle pintu, railing tangga, meja kursi di ruangan dan area publik UNISA Yogyakarta, tombol dan dinding lift, dll menggunakan desinfektan setiap 1 jam;
    10. Menggulung karpet yang ada di masjid, tempat-tempat KBM(laboratorium) yang sifatnya tidak permanen, kemudian karpet akan dibersihkan, lantai dan area sekitar dibersihkan menggunakan desinfektan;
    11. Sivitas akademika dianjurkan untuk membawa alat sholat sendiri-sendiri.
  2. Penggunaan Toilet
    1. Membuka pintu toilet dengan menggunakan siku;
    2. Memastikan kebersihan tempat duduk atau tempat jongkok toilet sebelum menggunakannya;
    3. Menggunakan toilet dengan benar;
    4. Membersihkan toilet setelah digunakan dengan menggelontor air yang sudah disediakan;
    5. Membuang tissue atau sampah pada tempat sampah yang disediakan;
    6. Mencuci tangan dengan hand soap di bawah air yang mengalir;
    7. Mengelap tangan dengan tissue;
    8. Membuang tissue pada pada tempatnya;
    9. Membuka pintu keluar toilet dengan siku;
    10. Tim Cleaning Service (CS) akan membersihkan area toilet dengan desinfektan setiap 2 jam sekali.

Demikian kebijakan ini kami sampaikan untuk dapat diperhatikan.

Yogyakarta, 16 Maret 2020
Rektor

Download (PDF, 481KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *